Profil

Gambaran Umum



Gambaran Umum

Dengan ditetapkannya Peraturan Daerah Kabupaten Gianyar No. 5 Tahun 2016 tentang pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas – Dinas di Kabupaten Gianyar, salah satu diantaranya adalah dibentuknya Dinas Komunikasi dan Informatika. Pembentukan Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai Institusi baru yang merupakan pemisahan instansi dari Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi menjadi dua Dinas yaitu : 1. Dinas Perhubungan, 2. Dinas Komunikasi dan Informatika merupakan unsur pelaksana di daerah dan bertanggungjawab kepada Bupati yang sebelumnya mengacu kepada Perda No. 6 Tahun 2008 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas-Dinas di Kabupaten Gianyar. Perubahan paradigma pengelolaan Negara yang terjadi pada masa reformasi telah melahirkan berbagai tuntutan dalam pengelolaan penyelenggaraan Pemerintah yang lebih baik, melalui prinsip Good Governance (transparansi, akuntabilitas dan kredibilitas). Good Governance tidak terbatas pada bagaimana pemerintah melaksanakan wewenangnya dengan baik, tetapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana masyarakat dapat berpartisipasi dan mengontrol pemerintahan untuk menjalankan wewenang tersebut dengan baik, oleh karenanya suatu tata pemerintahan yang baik harus didukung dengan adanya transparansi, partisipasi dan akuntabilitas.

Dalam mengantisipasi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Gianyar telah mengantisipasi masalah dibidang komunikasi dengan membentuk suatu lembaga yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika dengan Perda No.5 tahun 2016, dengan tujuan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di bidang Informasi, Komunikasi,Statistik dan Persandian.


Video
No Video.
Facebook
Twitter